Monday 14 July 2014

Keutamaan Sholat Subuh dan Isya' (Bardain)


         Saat ini banyak realita yang tidak bisa di benarkan oleh agama Islam, apalagi di saat bulan Ramadhan saat ini, banyak orang yang selalu berpuasa tapi tidak menjalankan Sholat subuh ataupun ibadah yang lain, seperti orang yang begitu selesai sahur lalu langsung tidur tanpa menjalankan sholat subuh. Orang itu bisa di sepertikan orang yang selalu memakai sepatu tapi tanpa memakai kaos kaki. Tidak pantas bukan.?

         Mungkin postingan ini tidak membahas tentang Ramadhan, saya ingin menjelaskan tentang utamanya menjalankan sholat bardain. Mengapa saya memilih materi ini untuk di postingkan? Karna menurut saya dua shalat ini sangat di abaikan oleh kebanyakan masyarakat Isam sekarang.
Sabda Rosulullah saw;
"Barangsiapa yang mengerjakan shalat Bardain, niscaya masuk Surga."(HR. Imam Syaikhan)

        Shalat Bardain adalah shalat isya' dan shubuh yang di kerjakan berjama'ah,. Sebagaimana maksud bardain adalah dua waktu yang dingin. Juga di singgung dalam sabda Rosulullah saw tentang shalat jama'ah pada dua waktu shalat ini;

"Tidak akan masuk neraka orang yang mengerjakan shalat sebelum matahari terbit dan sebelum ia tenggelam (shalat ashar)." (HR. Imam Muslim)

Sabda Rosulullah saw ;
"Malaikat yang bertugas pada malam hari dan malaikat(yang bertugas)pada siang hari selalu silih berganti mengawasi kalian. Merekea berkumpul pada waktu Sholat Shubuh dan waktu shalat Ashar. Setelah itu malaikat yang bertugas mengawasi kalian di malam hari naik dan mereka ditanya oleh Rabbnya, sedangkan Dia lebih mengetahui keadaan hamba-hamba-Nya: 'Bagaimanakah keadaan hamba-hamba-Ku yang telah kalian tinggalkan itu!' Mereka menjawab ; 'Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami datangimereka dalam keadaan shalat juga."(HR. Imam Asy Syaikhan)

        Jadi, sudah sangat jelas bahwa dua shalat itu sangat besar ganjarannya, tanpa mengecualikan sholat yang lain, yang juga sangat besar ganjarannya yang di berikan oleh Allah swt. Dengan jaminan yang melakukannya mendapatkan surga yang sangat indah dan neraka yang amat pedih untuk orang yang tidak menjalankannya.


Kutipan : Buku 75 Wasiat Rasulullah S.A.W. yang di tulis oleh Ust. Fatihuddin Abdul Yasin

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com